Sabtu, 26 September 2009

harga

HARGA adalah nilai pertukaran atas manfaat produk yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, rupee, dsb).

Produsen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat keuntungan di atas biaya produksinya.
Komsumen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keinginannya.

FUNGSI HARGA

Bagi perusahaan maupun komsumen, harga berfungsi sebagai:
  1. sumber pendapatan dan atau keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen (harga diatas biaya-biaya produk memberikan keuntungan bagi perusahaan).
  2. pengendali tingkat permintaan dan penawaran (terutama bila bersifat elastik, permintaan akan meningkat jika harga turun da sebaliknya).
  3. mempengaruhi program pemasaran dan fungsi - fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan .
  4. mempengaruhi prilaku konsumen dan pendapatan masyarakat (harga rendah dapat meningkatkan konsumsi masyarakat dan upah yang tinggi bagi jasa masyarakat akan mempengaruhi prilaku konsumsinya).

FAKTOR PENENTU HARGA
Penentuan harga di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.

faktor internal meliputi:
  1. Tujuan pemasaran (biaya,penguasaan pasar, dan usaha).
  2. Strategi marketing mix (aspek harga dan non harga).
  3. Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
faktor eksternal meliputi:
  1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar.
  2. Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga.
  3. Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro (pemasok, penyalur, asosiasi, dan masyarakat) maupun lingkungan makro (pemerintah, cadangan sumber daya, keadaan sosial, dsb).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar