Produk bersifat nyata (tangible) dan bersifat tidak nyata (intangible). batas kedua sifat tersebut adalah tidaklah begitu jelas. dalam perkembangannya, terdapat kecenderungan penawaran barang ke arah eksterm yang berlawanan. Misalnya, produk nyata berkembang ke arah dan dilengkapi dengan barang tidak nyata (jasa). dan sebaliknya semakin banyak jasa yang ditawarkan dengan pelengkap barang nyata.
ATRIBUT PRODUK
Atribut-atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produk sehingga mampu lebih memuaskan konsumen. Atribut produk meliputi: merk(brand), pembungkusan(packaging),label,garansi,atau jaminan(warranty) dan produk tambahan(service). Atribut dapat di pandang secara obyektif (fisik produk) maupun secara subyektif(pandangan konsumen). Atribut fisik belum tentu searah dengan atribut menurut pandangan konsumen.
- MERK
erk adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya yang dapat memberikan identitas barang dan membedakan dengan produk pesaing.
- PEMBUNGKUSAN
- LABEL
- GARANSI
- PRODUK TAMBAHAN
referensi: Dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar