Jumat, 25 September 2009

produk

PRODUK adalah segala sesuatu yang dapat atau mampu di tawarkan produsen untuk diminta,dicari,dibeli,digunakan atau di konsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.

Produk bersifat nyata (tangible) dan bersifat tidak nyata (intangible). batas kedua sifat tersebut adalah tidaklah begitu jelas. dalam perkembangannya, terdapat kecenderungan penawaran barang ke arah eksterm yang berlawanan. Misalnya, produk nyata berkembang ke arah dan dilengkapi dengan barang tidak nyata (jasa). dan sebaliknya semakin banyak jasa yang ditawarkan dengan pelengkap barang nyata.

ATRIBUT PRODUK
Atribut-atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produk sehingga mampu lebih memuaskan konsumen. Atribut produk meliputi: merk(brand), pembungkusan(packaging),label,garansi,atau jaminan(warranty) dan produk tambahan(service). Atribut dapat di pandang secara obyektif (fisik produk) maupun secara subyektif(pandangan konsumen). Atribut fisik belum tentu searah dengan atribut menurut pandangan konsumen.

  • MERK
M
erk adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya yang dapat memberikan identitas barang dan membedakan dengan produk pesaing.

  • PEMBUNGKUSAN
Pembungkusan adalah proses yang berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan wadah (container), pembungkus (wrapper), maupun pengangkut (transporter).

  • LABEL
Label adalah informasi produsen atas produk. Informasi dapat meliputi cara penggunaan, pemeliharaan, dan penyiapan produk. Label juga memberikan identitas kualitas, isi, maupun batas pemakaian.

  • GARANSI
Garansi adalah janji atau jaminan yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen. garansi yang tidak tertulis (implied) sebenarnya merupakan kewajaran tanggung jawab atas pembayaran pembeli. Garansi tertulis (expressed) merupakan perlindungan konsumen terhadap produk yang di beli sacara sah.

  • PRODUK TAMBAHAN
Produk tambahan adalah barang atau jasa yang di berikan kepada konsumen menyertai penjualan produk utama. Produk tambahan dapat merupakan barang nyata atau jasa agar dapat lebih memuaskan konsumen.







referensi: Dasar pemasaran oleh Teguh Budiarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar